April 25, 2016

Aneka Jenis dan Harga Mesin Perkayuan (Pertukangan)

Aneka jenis dan harga mesin perkayuan (pertukangan) bisa menjadi wawasan untuk anda yang berprofesi sebagai tukang kayu baik itu pengrajin perabot maupun pengrajin kusen dan berbagai jenis olahan kayu lainnya. Dengan memanfaatkan mesin kayu modern tentu akan sangat membantu para pengusaha meningkatkan produktifitas usaha. Sebagai contoh jika menggunakan cara manual untuk menyelesaikan pembuatan meja membutuhkan waktu 3 hari namun dengan menggunakan mesin modern bisa diselesaikan dalam waktu 1 hari saja. Selain menghemat waktu biaya produksi pun bisa ditekan seminimal mungkin. Harga mesin perkayuan yang terjangkau bisa jadi pertimbangan tersendiri mengapa mesin-mesin ini wajib dimiliki bagi anda yang berkarya dalam bidang meubelir.

Dengan menggunakan bantuan mesin perkayuan modern yang biasanya sebuah pekerjaan harus dilakukan oleh 4 orang kini cukup dengan 1 operator saja, dan hasilnya pun lebih presisi. Setidaknya ada 6 jenis mesin kayu standar yang harus dimiliki oleh para tukang kayu / pengrajin kayu. Apa saja mesin-mesin itu berikut ini nama-naman berikut harga terbaru saat ini.

Macam-Macam Mesin Perkayuan/Pertukangan dan Harganya

#1 Mesin Gergaji

Harga mesin gergaji listrik circular
Ada dua macam mesin gergaji kayu yang dibutuhkan, yang pertama ialah mesin gergaji belah yang digunakan untuk membelah kayu yang memiliki mata gergaji berbentuk circular. Dan yang kedua adalah mesin gergaji pemotong yang digunakan untuk membuat bentuk-bentuk khusus seperti miring, lurus, melengkung dan menyudut dengan mata gergaji berbentuk gergaji jigsaw atau bergirigi. Harga dari mesin gergaji ini bervariasi mulai 300 ribu hingga 5 jutaan tergantung ukuran dan kualitasnya.

Selengkapnya : Daftar harga mesin gergaji listrik

#2 Mesin Bor

Harga mesin bor listrik terbaru
Mesin bor adalah sebuah mesin yang biasanya digunakan untuk membuat lubang pada kayu maupun beton dengan mata tajam dan berbentuk spiral. Mesin bor diperlukan untuk membuat lubang untuk skrup, dowel maupun pen pada pekerjaan perkayuan. Dengan menggunakan mesin bor listrik tentu akan lebih efesien dan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan bor tangan dan hasilnya pun jauh lebih bagus. Mesin bor dipasaran tersedia dalam berbagai ukuran maupun daya. Harga mesin bor yang paling murah sekitar 300 ribu yakni merek Krisbow.

#3 Mesin Planner atau Ketam Listrik

Harga mesin ketam planner listrik murah
Mesin Planner listrik memiliki kinerja yang sama dengan mesin ketam tradisional yakni digunakan untuk meratakan permukaan kayu. Mesin ketam ini adalah mesin yang harus dimiliki oleh mereka yang berprofesi sebagai tukang kayu terutama untuk mengerjakan pekerjaan mebel dan perabot rumah. Mesin planner tersedia berbagai jenis dan tipe, mulai yang portable hingga yang berbentuk mesin dengan 4 mata kikir yang bisa meratakan dan menghaluskan 4 sisi kayu sekaligus. Harga mesin ketam listrik portable dipasaran bisa didapad dengan harga 750 ribu hingga 3 jutaan. Sedangkan untuk yang mesin ketam besar memiliki harga yang lebih mahal bisa sampai angka puluhan juta.

#4 Mesin Router

Harga mesin router terbaru
Mesin router bisa dibilang serupa dengan mesin bor hanya saja memiliki fungsi yang berbeda. Mesin ini biasa digunakan untuk membuat ulir dan alur pada kayu. Harga mesin router ini cukup terjangkau berkisar antara 500 ribuan tergantung kualitas dan mereknya.




#5 Mesin Profil

Harga mesin trimmer profil terbaru
Mesin profil ini biasa digunakan untuk membuat hiasan pada sudut kayu selain itu biasa digunakan juga untuk membuat lubang tempat kaca pada jendela dan sejenisnya. Mesin ini memiliki kinerja seperti mesin bor hanya saja memiliki mata yang berbeda. Ada banyak mata yang tersedia tergantung untuk pekerjaan apa nantinya. Harga dari mesin profil ini berkisar antara 700 ribuan.

#6 Mesin Sander (Amplas)

Harga mesin sander amplas terbaru
Tahap akhir dari pekerjaan kayu ialah finishing yakni salah satunya pengecatan, namun sebelum melangkah ke proses finishing ini hasil kerja sebelumnya harus dihaluskan dulu bisa menggunakan kertas gosok maupun memanfaatkan mesin sender untuk mempercepat proses pengamplasan. Dengan memanfaatkan mesin ini akan didapat hasil dengan tingkat kehalusan yang sangat baik jika dibandingkan dengan cara manul. Selain itu waktu yang diperlukan juga sangat sediki sehingga lebih efektif. Mesin sander bisa ditebus dengan harga sekitar 500 ribuan dengan merek Krisbow.

Nah kami rasa demikianlah sedikit ulasan singkat kami seputar aneka jenis dan harga mesin perkayuan (pertukangan). Mesin-mesin diatas adalah mesin standar yang harus dimiliki untuk melakukan pekerjaan perkayuan. Karena dengan memanfaatkan beraneka mesin tersebut anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan hasil yang lebih bagus lagi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Aneka Jenis dan Harga Mesin Perkayuan (Pertukangan)
4/ 5
Oleh